Al-Muttaqin
Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan
Penerbit Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
ISSN: 2460-9277
Jurnal Al-Muttaqin Volume IV Desember 2016
Abstrak
Tulisan ini memaparkan tentang bagaimana pesan dakwah melalui televisi atau media elektronik. Perkembangan dakwah di era modern ini, telah memungkinkan para ustadz dan kyai menyampaikan pesan dakwah tidak hanya menggunakan metode talaqqi (tatap muka), melainkan sudah bisa menggunakan berbagai macam media baik cetak maupun elektronik, audio, visual maupun audio-visual. Pemanfaatan sejumlah media dalam penyampaian pesan dakwah baik yang dilakukan dengan menggunakan media cetak maupun elektronik, oleh karena itu dalam tulisan ini, disebutkan bahwa peran media massa seperti demikian tidak ubahnya seperti da’i. Tulisan ini membicarakan tentang televisi sebagai media dakwah. Televisi sebagai media dakwah memiliki kelebihan serta kekurangan, diantara kelebihan televisi sebagai media dakwah adalah televisi memiliki jangkauan yang sangat luas, bahkan bisa menjangkau mad’u yang berada di tempat yang sangat jauh dan sulit dijangkau, televisi merupakan penggabungan dari media audio (suara) dan visual (gambar). Muatan isi dari media televisi bisa berupa informasi, hiburan maupun pendidikan, bahkan bisa jadi merupakan gabungan dari ketiga unsur tersebut. Kekurangan televisi sebagai media dakwah atau sebagai da’i diantaranya biaya produksi acara di televisi cenderung mahal, karena siaran di televisi cenderung berorientasi pada keuntungan (profit oriented), sehingga acara Islami sulit bersaing dengan acara-acara lain yang banyak diminati, seperti program-program hiburan, sinetron, film dan lain-lain.
Kata Kunci: Pesan dakwah, Media massa, Televisi