Al-Muttaqin

Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan

Penerbit
Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam
Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas

ISSN: 2460-9277
Jurnal Al-Muttaqin Volume II desember 2015

Abstrak

Retorika merupakan acuan yang dapat menuntun komunikasi dakwah secara efektif. Retorika dapat menunjukkan cara-cara dalam menyusun sebuah naskah ceramah bagi seorang da’i atau mubaligh. Tanpa adanya retorika, komunikasi dakwah akan mengalami kepincangan dan berakibat loss komunikasi sehingga pesan-pesan dakwah tidak dapat dicerna oleh khalayak (mad’u) secara utuh. Penerapan retorika dalam komunikasi dakwah ini dapat membantu mubaligh ketika menyusun kata-kata yang baik dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah secara utuh dan membuat para khlayak (mad’u) merasa terkesan. Dasar penerapan retorika dalam komunikasi dakwah ini mengambil dari teori Aristoteles, yang disebutnya sebagai “The Five Canon  Of Rhetorica”. Adapun dasar dari retorika yang dapat membantu dalam berdakwah tersebut di antaranya: Inventio (penemuan),  Disposito (penyusunan), Elucutio (gaya), Memoria (ingatan), dan  Kelima, Pronountiatio (penyampaian). Studi penerapan retorika dalam komunikasi dakwah dapat dikembangkan berdasarkan lima hukum retorika tersebut sehingga akan dapat memberikan kontribusi yang efektif dalam penyebaran pesan-pesan dakwah.

Kata Kunci: Retorika, Komunikasi, Dakwah