Al-Muttaqin
Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan
Penerbit Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
ISSN: 2460-9277
Jurnal Al-Muttaqin Volume III Juni 2016
Abstrak
Dakwah dalam dimensi beragama merupakan aspek penting sebagai upaya pengembangan dan peningkatan kualitas masyarakat beragama. Namun dalam prekteknya di lapangan, mengingat kondisi masyarakat Indoensia yang kaya akan keberagaman budyaya, maka dakwah sering kali dibenturkan dengan persoalan kondisi sosial masyarakat yang multikultural. Sehingga guna mewujudkan tujuan dalam berdakwah pada da’i juga dituntut untuk cerdas dan propesaional menyikapi persoalan kondisi mad’u yang heterogen tersebut. Selain dari kualitas da’i dan media yang digunakan dalam berdakwah seorang da’i juga harus memperhatikan aspek penting lainnya, yaitu strategi dakwah. Pentingnya sebuah strategi dakwah ini adalah bertujuan agar substansi dari pesan dakwah yang disampaikan bisa diterima dan sesuai dengan kultur masyarakat yang beragam tersebut. Kesalahan dalam strategi berdakwah mampu membuat kerusakan bahkan permusuhan dan perpecahan di masyarakat. Maka dari itu, keberhasilan sebuah dakwah sangat ditentukan dari strategi dakwah yang digunakan. Adapun strategi dakwah yang diterapkan pada masyarakat yang multikultural ini, terdiri dari dua bentuk, yaitu dilihat dari aspek tujuan dakwah itu sendiri dan pendekatan yang menjadi jembatan dalam proses penyamapain substansi pesan dakwah.
Kata Kunci: Dakwah, Strategi Dakwah, Masyarakat Multikultural.