Al-Muttaqin
Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan
Penerbit Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas
ISSN: 2460-9277
Jurnal Al-Muttaqin Volume III Juni 2016
Abstrak
Pelaksanaan layanana perpustakaan tidak dapat dipisahkan dari komunikasi kepada pemustaka yang datang keperpsutakaan. Pelayanan perpustakaan dapat berjalan dengan baik apa bila komunikasi antara pustakawan dan pemustaka saling memahami dan mengerti dari maksud pesan yang disampaikan. Perpustakaan yang menghimpun dan mengelola informasi akan selalu dikunjungi oleh pemustaka yang hendak mendapatkan informasi yang diinginkannya. Dengan demikian pustakawan hendaknya cekap dalam mengelola informasi yang ia himpun agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Efesiesi waktu dalam temu kembali informasi di perpustakaan akan menjadi titik tekan dalam pelayanan perpustakaan. Melalui hal tersebut peran pustakawan dan media temu kembali informasi sangat diperlukan. Banyak media yang dapat digunakan untuk sarana temu kembali informasi yang digunakan diantaranya ialah sarana konvensional dan sarana digital. Kedua sarana tersebut dapat memberikan kemudahan penelusuran dan mengkomunikasikan kepada pemustaka yang hendak memerlukan informasi.
Kata Kunci: Perpustakaan, Komunikasi, Temu Kembali Informasi.